Mau Curhat....

Sebenernya, yg mau aku curhatin ini termasuk kategori basi.... Apalagi buat suamiku, adeku, kakakku, sepupu2ku, termasuk my mami...halah...berarti suka ngember ya nek...heheheheh....

About the helper... (sigh...yg emak2 pasti udah tau kelanjutan ceritanya)...
Dari semenjak hamil, aku mulai punya 'embak' sendiri...

Yg pertama namanya Siti (panjangnya aku lupa..), asal Sragen, umur 35 tahun, single... .
Embak yg ini sempet ikut aku ke Sumbawa selama aku dinas disana. Tapi gak lama...cuman 3 bulanan. Berangkat Januari 2006, trus pulang Maret karena aku ambil cuti melahirkan & aku pulang ke Solo, jadi dia ikutan pulang..
Slama di Sumbawa, sebenernya ga banyak yg dia kerjain, cuma masak buat berdua, nyuci setrika, sama beresin kamar... Untuk beres-beres yg lain ada orangnya sendiri. Dia dibawa maksudnya buat nemenin aku selama disana (kan jauh dari siapa-siapa heheheh)

Awalnya aku kira dia biasa aja, ga akan aneh (soalnya orangnya rajin ibadah...pendiem....)
Setelah 2 minggu di Sumbawa, mulailah muncul keanehan...
Si embak ini jadi lebih sering bantuin orang yg punya paviliun yg aku sewa daripada bantuin aku. Bisa ya...jadi gini ceritanya...
Pagi biasanya si embak bangun jam 6 (wita) trus masak. Trus abis aku berangkat kantor, si embak belanja buat masak besok, abis itu nyuci...then beres-beres...
Ternyata setelah itu si embak (tanpa sepengetahuanku) bantuin yg punya paviliun masak - blanja ke pasar - nemenin kemana aja (ke salon kek, jemput anaknya kek), dan bahkan mijitin...
Kalau gak, si embak bakal bantuin rumah tangga paviliun yg lain (holohhh) entah itu masak - nyuci or even jagain anaknya..
Eh, tahu dari mana mba?
Suatu hari just like ussual, jam 3 wita jemputanku dateng... Trus aku keluar ruangan, masuk mobil jemputan dong yaa.. Yg bikin aku kaget, di dalem jemputanku itu (yg punya mobil jemputan = yg punya paviliun) selain pak lik sopirnya ada ibu pemilik paviliun, pembantunya, anaknya, adenya, sama si embakku...!
Bingung dong yaaa...tapi mau nanya langsung ga enak ehehehhe...
Akhirnya sampai di rumah, si embak aku tanyain...
Trus ngakulah dia klo hampir tiap hari dia bantuin sana sini, nganter sana sini...
Aku tanya, apa gajinya kurang... Dia blg dia bantuin sana sini tapi ga minta uang...hohoho kerja sosial judulnya...
Yg lebih 'memprihatinkan' lagi...setelah sesi interogasi selesai, aku mau makan....si embak belum masak!
halahhhh.... Dia minta maap, karena tadi perginya kepagian, jadi ga sempet masak... Trus dia cerita lagi, biasanya kalau pergi agak siangan, jadi dia bisa masak dulu buat aku, dan pulangnya biasanya jam 2, abis jemput anak ibu... (gubrakkk...)
Aduuuhh, sedih banget diriku waktu itu... Pengen banget waktu itu bilang 'kamu kerja buat siapa sebenernya?' hik...
Masih banyak cerita 'ajaib' yg lain dari embak ini, tapi ga usah ditulis semua aahhh...tar dikira jelek-jelekin orang hehehhe...
Dan seperti orang lain, Siti juga punya kelebihan selain kekurangan... Kelebihannya, dia rajjiiiiinnn shalat & ngaji... O ya, satu lagi, kalau soal duit, dia jujur...
Tapi, setelah aku timbang-timbang, kayaknya aku ga bakalan bisa jadi partner yg baek buat si embak ini, jadi akhirnya kita berpisah baek-baek...heheheh...

Embak kedua, Mur, 20 tahun dari Wonogiri
Embak ini ikut aku paling lama, hampir 2 tahun... Orangnya pendiem, rajin sholat juga... Kerjaan rumah beres kalau sama embak yg satu ini. Momong anak juga OK... Boleh dibilang dia yang jagain Lintang di Solo selama emaknya Lintang balik ke Sumbawa..
Mulai terganggu semenjak kenal cowok (halah...). Yang ketemuan subuh-subuhlah, yang ditamuin kalo pas ga ada orang di rumahlah, pernah selama berminggu-minggu melo nangis terus gara-gara pacarnya ternyata udah punya gandengan, jadi ceritanya dia diduakan (halah lagi...) trus yang paling parah...sakit gara-gara pengen kurus minum obat pelangsing, trus jadi ga doyan makan, trus akhirnya sakit...infeksi lambung dan harus opname 2 minggu...
Karena sering aku omongin tentang 'hubungannya yg ga sehat itu', akhirnya dia patah hati sama aku heheheh.... Ya sudahlah, akhirnya dia pulang kampung...
Padahal maksutku baek loh. Bukannya mau ngelarang orang bergaul, cuma nasehatin klo bergaul ya yg wajar-wajar aja..
Orang seumuran aku kan udah lumayan makan garemnya, jadi sebenernya klo kasih nasehat juga demi kebaikan siy. Tapi kadang diterima lain. Ya sudahlah...it's her life...
Bagaimanapun ceritanya, Honestly, I indebted to her heheheh...

Next session, nyobain punya Babby Sitter, Diah, 20 tahun dari Boyolali...
Ngambil dari Yayasan di Salatiga, dengan segala macam perniknya mulai dari uang administrasilah, uang transportlah (padahal kita jemput dia di rumahnya), uang ini dan itulah...
Mohon maaf, aku banyak banget keluhan tentang BS ini...
Kerjaannya telpoooooonnnn terus, ga pagi - siang - sore - malam...
Ga pernah ngerjain tugas dia sebagai BS, kerjanya cuman nemenin anakku muter kompleks kalo sore, itupun pake acara nangis dulu Lintangnya...
Hampir 2 bulan, Lintang sama sekali ga mau dipegang sama mba Diah ini. Pernah suatu kali aku tanya : 'Mas Lintang kenapa ga mau maen sama mba Diah?' Jawabnya : 'mba Diah nakal...'
Waktu itu Lintang belum bisa jelasin 'nakal' itu maksudnya yang gimana.
Selain itu, selama di momong sama mba ini, Lintang seriiiiiiiiing banget jatuh (entah di tangga, kamar mandi, atau di teras). Kayak anak momongannya ga diperhatiin gitu...
Aih, miris banget.. Setelah dikasih masukan, tapi ga mempan juga, BS ini aku pulangin ke yayasan.
Of course, aku minta ganti, karena masih hakku buat minta ganti. Tapi sampai sekarang, Lintang udah hampir 4 tahun ga ada kabar sama sekali. Setiap kali di telp ada aja alesannya, kalo gak, telp dilempar ksana kmari, sampai kita yg telp ngerasa capek sendiri...!
Jadi dengan sangat amat menyesal, ga recommended sama sekali.

Next,
Heny, katanya 15 tahun dari Lampung, tapi menurutku umurnya udah lebih dari 20 tahun...masih single juga.
Cuma bertahan 2 minggu hehehehh... Terlalu horor untuk diceritakan... Dari mulai jarang mandi, suka naked di kamar tanpa nutup pintu kamar (Lintang jadi suka teriak-teriak 'iiihhhh itu apa...itu apa..', ga bisa masak, ga mau nemenin Lintang maen dengan alasan 'capek', ga mau beres-beres dsb dsb...
whoaaa... waktu itu ngerasa kayak di negeri dongeng aja, dongeng yg mustahil..!
Akhirnya aku pulangin ke yayasannya juga, tanpa minta pengganti. Kapok!

Next batch,
Yuni, 35 tahun dari Karanganyar...udah punya anak 2...
Embak yang ini punya cerita hidup yg lumayan memprihatinkan. Si embak ditinggal kawin lagi.
Tapi anehnya, si embak ini sukaaaaaa banget curhat ke semua orang di kompleks tentang hidupnya (dari mulai tetangga, embaknya tetangga sampai security..). Cerita sampai nangis-nangis...
Tapi kalau di rumah, she's sooooo silent - ga pernah cerita apa-apa tuh...heheh...
Sisi positif dari si embak ini...masakannya lumayan enak, dia bisa ngirit juga... Trus kelebihannya yg lain...bodynya ok hahahah itu para bapak-bapak security yg bilang...
Dia balik karena mau ngurus cerai dari suaminya, sampai sekarang ga ada kabar berita... Hope she finds her way...

Sesi selanjutnya, BS kedua di rumah, namanya Puji, 20 tahun, single...
Sama kayak pendahulunya...bisa dibilang ga sesuai antara pangkat, gaji sama kerjaannya heheheh...
Yang satu ini lebih parah lagi, karena seriiing banget ijin buat pacaran sama security kompleks, seminggu skali, selain cutinya yg 2 hari dalam sebulan itu...
Saban hari kerjaannya nemenin Mas Lintang nonton sinetron...eh kebalik, anakku yg nemenin dia buat nonton sinetron. Rasanya mulutku sampai kering buat ngasih tau...
Dia bertahan 3 bulan dirumah...sebelum akhirnya pamit pulang, setelah seminggu ndiemin aku (hahahahha aku didiemin sama BS...)
Ceritanya gini, biasanya kalau ijin keluar (dengan alasan ini itu) biasanya aku ok in. Terakhir mendadak dia ijin mau nonton jam 5 sore (ijinnya jam 3 sore). Aku bilang wah knapa ijinnya mendadak gini. Dia cuman diem aja. Yasud akhirnya aku blg, kalo mau keluar beresin dulu kerjaannya...
Eh, ternyata pas jam 5 anakku blm dimandiin, blm makan...blm diapa-apain.. tapi dia udah rapi jali mau pergi, udah pamitan sama aku. Wooottt..!
Akhirnya aku tegor dia. I said : 'mba kalo mau pergi diselesein dulu kerjaannya. Mas Lintang aja blm diapa-apain koq udah mau pergi. Lain kalo cuti, Mas Lintang jadi tanggung jawabku 24 jam. Kamu sering banget ijin, ga pernah aku larang... Tapi trus jangan kayak skg, blm ngerjain apa-apa udah mau pergi..'
Setelah ditegor gitu, dia tetep pergi. Aku udah malay banget ngomong...
Hebatnya lagi, setelah dia ga kerja di rumah, beredar isu klo dia 'nyambi' jd *gitu deh*
Sumber isunya, security yg pacaran ama dia.
Duh duh...duniaku...
Kesel...marah...campur aduk rasanya. Tapi mau diapain lagi. Udah berusaha cari info, tapi ga berhasil. Lagian, kalo ga ada bukti...katanya kita ga boleh nuduh orang...hehehe
Yasud, Tuhan kan maha tau...tanggung jawab masing-masing kalo gitu...

Sampai di titik ini, aku malaaayyyyy banget cari asisten..
Tapi karena punya bayi, mau ga mau akhirnya ada lagi embak baru di rumah...
Ninik, 17 tahun, dari Sragen, single...
Yg ini kerjaannya cuman : nyuci, nyetrika, gendong Laras klo lagi jalan...
Trus kerjaan yg lain? hahahaha...dengan ajaibnya, aku yg ngerjain...
Bukannya mengeluh. Nope! Kan tugas rumah emang tugasku... Tapi, aduhai, anak satu ini pemalas banget... Bolak balik dibilangin hasilnya sama.
Bangun jam 6, bantuin beres-beres, nganter lintang skolah klo Senin, Rabu Jumat, siangnya nyetrika, trus bobo' siang sampe jam 4 kurang, mandi trus ngajak jalan anak-anak sampe magrib, trus jam 7 lebih udah masuk kamar...
Wow! I'm complaining here...
Trus waktu-waktu kosong selain yg aku sebutin diatas dia ngapain? Ya kalo ga tidurrrr ya telpon telponan...
2 hari ini dia agak rajin, sore nyapu halaman ama siram2 tanaman...itupun karena aku bermuka kejam kali ya, jadi dia takut...hahahah
Soalnya aku ngomong bae2 berulang kali ga ada hasilnya. Jadi akhirnya aku diemin aja deh...
Aku diem juga karena kesel. Hari minggu kemarin, dia pergi...menghilang entah kemana tanpa pamit, dari jam 7 sampai jam 8.30 mlm...
Pulangnya aku tanyain pergi kmana, knapa ga pamit... Dia bilang ke depan, ga pamit soalnya waktu itu baru pada asik maen game... (...what a reason).
Selama kerja sama aku, kalau maen selalu aku ijinin (mau nonton kek, mau jalan ke mall kek, mau ngobrol di warung depan kek). Asal ngomong & kerjaannya (yg seuprit itu) udah kelar, pasti aku ijinin...
Tapi koq lama-lama ngelunjak yaa...pake acara nyari kambing hitam lagi. Dan kambing hitamnya org yg gaji dia.. Perfect!

Selama ini, kami selalu berusaha memperlakukan our helper dengan bae. Makan sama, pergi kemana-mana ikut (mau naik mobil kek, naik kereta kek, naik pesawat kek, nginep kek ga nginep kek), kerjaan juga ga banyak (sampai bisa tidur siang dari jam 1 sampe jam 4 loh). Selain gaji mereka juga dapet uang jajan, kalo kami blanja pasti mereka juga kecipratan...
Tapi kenapa semua selalu bermasalah pada akhirnya ya?

Kadang sempet terbersit, apa aku yg salah?
Apa kurang gitu yg mereka dapet selama ini? Wah, klo jujur, menurutku mereka dapet terlalu banyak...
Dengan gaji lumayan, bonus2...ga ada kerjaan lagi...
Aku aja yg kasih mereka gaji ga bisa istirahat kalo siang...mereka bisa loh!

Selama ini, akhirnya aku yg selalu diem pada akhirnya...Emosi jiwa..
Capek bolak balik negur. Trus aku juga model orang yang ga suka ngomong hal yg sama berulang-ulang...
Nanti klo dede' udah gedean, pengennya mau ngurus rumah sendiri aja...ga usah dibantuin sapa-sapa... Mungkin will be much...much...better...

*sigh*...

2 comments:

    aduh mbak ternyata lbh banyak mb nenes ganti2 pembantu y dan critanya ah sungguh kesel klo aku jd mb nenes, tp stlh 4 kali aku ganti pembantu, bibi yg sekarang ini masih mending drpd yg mb nenes critakan. hehe dasar emak2 cerwet soal pembantu :)

     

    hehehehhe..bener bgt jeng...
    jaman skg aduh...sampe speakless...